Pengertian Bahasa Pemrograman Visual Basic

Bahasa Pemrograman Visual Basic
Visual basic merupakan bahasa pemrograman yang diciptakan oleh Microsoft dan termasuk kedalam bahasa pemrograman tingkat tinggi. Visual basic digunakan dalam pengembangan multimedia, WEB dan database. Pengolahan database dapat dijalankan secara cepat karena Windows sendiri telah mendukung  Visual basic dengan banyaknya library yang disediakan.
Penulis memilih Visual basic 6.0 sebagai bahasa pemrograman pengembangan perangkat lunak ini, karena kemampuan  akses database dan akses hardware tidak terlalu rumit, dikarenakan banyak vendor hardware merekomendasikan drivernya dalam flatform Windows.
a.       Komponen Visual basic 6.0
Ada beberapa komponen dari visual basic, antara lain :
1)  Project
Project adalah sekumpulan  modul dan projek adalah aplikasi itu sendiri.
Project menyimpan semua komponen, serta yang berhubungan dengan aplikasi yang terdapat dalam projek. Projek tersimpan dalam ekstension file .VBJ pada Projek terdapat tiga jendela yaitu View code sebagai jendela editor, view objek digunakan untuk bentuk formula dan terakhir adalah jendela folder
Project explorer, Form, Toolbox dan Property
 Project explorer, Form, Toolbox dan Property
Sumber : Microsoft Visual 6.0 Step By Step (Deborah)
2)                  Form
            Form adalah suatu objek sebagai media tempat bekerja program aplikasi baru,  dan didalam form terdapat code-code yang akan mengoperasikan semua objek yang melengket dalam form tersebut.
3)                  Toolbox
            Toolbox adalah kumpulan objek-objek yang akan digunakan dalam program.
4)              Properti
Digunakan untuk mengatur form dan objek lainya yang terdapat dalam form  aplikasi tersebut.