Pengertian Implementasi Rencana Pemasaran

Pengertian Implementasi Rencana Pemasaran
Strategi menunjuk pada apa dan mengapa aktivitas pemasaran, sedangkan implementasinya menunjukkan siapa, dimana, kapan dan bagaimana. Strategi dan implementasi pemasaran berkaitan erat dengan dalam satu lapisan strategi yang menempatkan tugas-tugas implementasi tertentu dilapisan bawah. Implementasi juga dikaitkan dengan strategi dalam memperhitungkan berbagai kesulitan pelaksanaan yang bisa mempengaruhi pilihan strategi.
Bonoma dalam penelitiannya mengenai masalah implementasi strategi pemasaran dari 16 perusahaan mengidentifikasi empat bidang yang bisa mempengaruhi implementasi program pemasaran secara efektif.
Kemampuan mengenal dan mendiagnosa suatu masalah, hubungan yang erat antara strategi dan implementasi
dapat menimbulkan masalah diagnostik yang sulit apabila sasaran hasil program pemasaran tidak tercapai.
Apakah tingkat penjualan dari rencana tersebut merupakan hasil dari strategi yang buruk atau
implementasinya yang buruk. Lebih dari itu apakah masalahnya adalah merumuskan apa sebenarnya yang
menjadi masalah  (diagnosa) atau tindakan apa yang harus dilakukan.   
Kemampuan menaksir sampai sejauhmana perusahaan mendapat masalah. Masalah implementasi rencana
pemasaran bisa timbul pada tiga tingkat perusahaan, yaitu ;
  1. Tingkat fungsi pemasaran yang harus dilaksanakan pada saat implementasi rencana pemasaran-penjualan, pemberian izin, iklan, perencanaan produk baru, saluran distribusi dan sebagainya.
  2. Tingkat program pemasaran, perpaduan sinergistik fungsi-fungsi pemasaran dalam serangkaian kegiatan terpadu.
  3. Tingkat kebijakan pemasaran, manajemen mengarahkan para pelaksana pemasaran agar mereka mengerti untuk apa perusahaan mempekerjakan dan aktivitas apa yang terdapat pada kegiatan pemasaran perusahaan.   
Kemampuan implementasi rencana, dalam pengimplementasian rencana pemasaran yang efektif dibutuhkan
serangkaian kemampuan pada semua tingkatan perusahaan, fungsi program dan kebijakan yang tepat. Empat
keterampilan pokok berkaitan dengan implementasi rencana pemasaran :
  1. Kemampuan mengalokasikan sumberdaya.
  2. Kemampuan memonitor
  3. Kemampuan mengorganisasi
  4. Kemampuan berinteraksi
Kemampuan mengevaluasi hasil implementasi
Prestasi yang bagus di pasar tidak selalu membuktikan adanya operasi pemasaran yang bagus. Sangat sulit menggunakan prestasi sebagai ukuran untuk membedakan strategi yang baik/implementasi yang buruk dari strategi yang buruk/implementasi yang baik. Tetapi penekanan kebutuhan akan mutu yang baik dari kegiatan implementasi pemasaran dan rencana strategi akan menghasilkan prestasi yang makin meningkat dalam arti keseluruhan.