Pengertian Life Skill Education (Pendidikan Kecakapan Hidup)

Pengertian Life Skill Education (Pendidikan Kecakapan Hidup)
Berbagai keahlian atau kecakapan sangat diperlukan dalam kehidupan bermasyarakat. Oleh karena itu, pendidikan yang berorientasi kepada masyarakat harus mampu mengedepankan pendidikan yang mempunyai dasar pada kecakapan hidup. Upaya penumbuhan kecakapan hidup dalam pendidikan pada jenis, jenjang dan satuan pendidikan atau pelatihan yang disesuaikan dengan tujuan pendidikannya dapat diselenggarakan dengan pola broad based education (BBE).
Beragam pengertian tentang kecakapan hidup (life skill) telah dikemukakan oleh pada pakar, antara lain:
a.       Life skills include a wide range of knowledge and skill interactions believed to be essential for adult independent living (Brolin dalam Goodship,2001:1).
b.      In essence, life skills are an “owner’s manual for the human body. These skills help children learn to how maintain their bodies, grow as individuals, work well with others, make logical decisions, protect themselves when they have to and achieve their goals in life (Davis,2000).
c.       Kecakapan hidup (life skill) adalah kecakapan yang dimiliki oleh seseorang untuk mau dan berani menghadapi problema hidup dan kehidupan secara wajar tanpa merasa tertekan, kemudian secara proaktif dan kreatif mencari serta menemukan solusi sehingga akhirnya mampu mengatasinya (Tim BBE Depdiknas,2001:9).
Menurut WHO pengertian kecakapan hidup adalah berbagai keterampilan atau kemampuan untuk dapat beradaptasi dan berperilaku positif yang memungkinkan seseorang mampu menghadapi berbagai tuntutan dan tantangan dalam hidupnya seharihari secara efektif. Hakekat
pendidikan kecakapan hidup dalam pendidikan adalah upaya untuk meningkatkan keterampilan, pengetahuan, sikap dan kemampuan yang memungkinkan pembelajar dapat hidup mandiri. Dalam penyelenggaraan pendidikan kecakapan hidup, prinsip yang melandasi adalah learning to
know, learning to do, learning to be dan learning to live together.
Beberapa definisi yang telah dikemukakan di atas kiranya dapat diambil komponen substansial yaitu kecakapan hidup adalah kecakapan yang meliputi kecakapan yang diperlukan untuk hidup dalam kehidupan dan penghidupan seseorang. Selain itu, dapat pula dikemukakan beberapa
komponen substansial lain, yaitu:
a.       Keberanian dan kemauan menghadapi masalah kehidupan secara wajar,
b.      Secara kreatif menemukan solusi mengatasi masalah, dan
c.       Kecakapan memecahkan masalah kehidupan, mencari dan menciptakan pekerjaan.
Paling sedikit ada tiga komponen dalam kecakapan hidup, antara lain :

Kecakapan yang berhubungan dengan hidup itu sendiri.
Kecakapan hidup yang berhubungan dengan hidup yaitu kecakapan yang dibutuhkan agar seseorang dapat tetap bertahan hidup dan berkembang secara layak, memenuhi syarat kesehatan, kemanusiaan, kesusilaan dan kehormatan. Untuk tetap bertahan hidup, terlebih untuk berkembang, seseorang tentu harus kreatif dalam memecahkan berbagai persoalan yang muncul ke permukaan dengan segenap kemampuan dan keahliannya. Apabila seseorang terbiasa menghadapi tantangan dalam memecahkan persoalan hidup, sekecil apapun, maka ia tentu akan
mempunyai pengalaman dalam mengatasi persoalan. Sehingga suatu saat ia menghadapi persoalan yang sejenis, ia akan dapat memecahkannya karena telah terlatih, terbiasa dan ahli.

Kecakapan hidup yang berhubungan dengan kehidupan.
Kecakapan ini adalah kecakapan dalam berinteraksi dengan lingkungan, baik lingkungan alam maupun lingkungan sosial dan lingkungan lain dalam kehidupan manusia. Seseorang butuh atmosfir yang sehat, sarana dan prasarana yang memadai bagi kelangsungan hidupnya, juga butuh bersosialisasi menurut aturan, tatacara, etika dan estetika yang berlaku dalam lingkungan dimana ia hidup. Seseorang juga butuh pengertian dan kecakapan tentang bagaimana ia dapat berinteraksi dengan kedua jenis lingkungan tadi. Seseorang juga harus berinteraksi secara harmonis dan seimbang baik secara horizontal (hablum minan nas) dan secara vertikal (hablum minalloh). Kedua hubungan tersebut memerlukan berbagai kecakapan yang harus dikuasai oleh seseorang agar tercipta kedamaian, ketenangan, kedisiplinan dan ketentraman hidup.

Kecakapan yang berhubungan dengan penghidupan.
Kecakapan ini adalah kecakapan yang berhubungan dengan bagaimana seseorang menjalani kehidupannya. Artinya, bagaimana ia memilih jalan hidupnya, profesi dan karier yang dijalani dan ditekuni sepanjang hayatnya. Kecakapan ini meliputi kecakapan dan keterampilan manual atau motorik, mekanistik, keterampilan berpikir dan berlogika.
Kecakapan jenis ini amat memegang peranan penting dalam hidup seseorang, yang secara holistik terintegrasi dengan kedua kecakapan di atas.